Jenis-Jenis Program Pelatihan Karyawan yang Dibutuhkan

Jenis-Jenis Program Pelatihan Karyawan yang Dibutuhkan – Program pelatihan karyawan diperlukan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Peningkatan produktivitas akan berdampak baik bagi perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis program pelatihan yang paling sesuai dengan kebutuhan karyawan. Jika karyawan dibekali dengan pengetahuan dan berbagai keterampilan, maka proses produksi menjadi lebih lancar.

Program Pelatihan Karyawan
Program Pelatihan Karyawan

Kualitas karyawan sangat mempengaruhi keberhasilan perusahaan. Dengan demikian, dengan adanya pelatihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan setiap pegawai sesuai bidangnya. Berikut adalah jenis-jenis Program Pelatihan Karyawan yang akan sangat dibutuhkan:

Beberapa Jenis Program Pelatihan Karyawan yang Akan Sangat Dibutuhkan Perusahaan

Seluruh karyawan mempunyai turut andil dalam memajukan bisnis yang ada didalam perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyelenggarakan pelatihan-pelatihan seperti berikut ini, tujuannya agar dapat menguasai bidang pekerjaannya masing-masing.

Program Pelatihan Karyawan: Pelatihan Manajerial

Bagi yang sudah lama bekerja, tentunya ingin mendapatkan promosi jabatan. Namun, cara mendapatkannya membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Anda diharapkan mampu mengelola para pekerja di bawah kepemimpinannya. Dalam hal ini diperlukan suatu proses untuk beradaptasi agar mereka dapat menjalankan tugas barunya dengan baik. Manajer baru diharapkan menguasai keterampilan kerja sesuai bidangnya.

Onboarding

Program pelatihan ini ditujukan untuk orang yang masih baru. Misalnya, Anda memperkenalkan struktur organisasi dan semua sistem, termasuk peraturan yang berlaku di perusahaan. Jika ada karyawan baru maka tidak akan sulit untuk memahami tugasnya. Hanya dengan demikian, maka kebutuhan kerja dapat segera terpenuhi sehingga aktivitas berjalan dengan lancar.

Jenjang Karir

Program yang satu ini dibuat sesuai dengan bidang dari pekerjaannya masing-masing. Dengan demikian, maka kepuasan kerja akan meningkat. Selain itu, memberikan kesempatan bagi Anda untuk memiliki pengalaman yang dapat berguna untuk pengembangan karir.

Program Pelatihan Karyawan: Pengelolaan Risiko

Karyawan diharapkan mampu mengelola setiap risiko dengan baik. Biasanya materi yang didapat berupa keselamatan kerja, kepatuhan terhadap aturan dan keamanan informasi. Misalnya pelatihan K3 dan mengikuti sertifikasi dari BNSP untuk menjamin keselamatan kerja. Jika bidang pekerjaan Anda memiliki risiko tinggi, Anda wajib memiliki sertifikasi ini.

Apa Saja Jenis-Jenis Program Pelatihan Karyawan yang Dibutuhkan?

Program pelatihan sering diadakan untuk kontraktor bangunan, perusahaan manufaktur dan lain-lain. Semoga setelah itu, Anda bisa lebih berhati-hati dalam bekerja. Tujuannya untuk mencegah hal-hal yang tidak menyenangkan seperti cedera akibat kecelakaan kerja. Selain itu, berfungsi untuk melindungi dari penyakit yang timbul akibat pekerjaan.

Change Management

Materi tentang manajemen perubahan ini penting. Tujuannya untuk memahami bagaimana bereaksi sebagai akibat dari perubahan ini. Dengan ini, Anda dapat membuat keputusan bijaksana.

Pelatihan Teknis

Contoh dari keterampilan teknis yang harus dikuasai antara lainnya adalah penulisan konten, analisis data, desain dan manajemen media sosial. Pelatihan juga sangat perlu untuk dilakukan secara berkala agar tidak ketinggalan perkembangan yang ada saat ini.

Diklat

Program pelatihan yang selanjutnya adalah menyelenggarakan pelatihan dan pendidikan. Karyawan dapat mengikuti pelatihan internal atau dari lembaga di luar perusahaan. Selain itu, tersedia beasiswa untuk melanjutkan pendidikan formal ke jenjang yang lebih tinggi. Program studi yang diambil biasanya harus terkait dengan kebutuhan perusahaan saat ini.

Meningkatkan Soft Skill

Ada banyak keterampilan yang harus dikuasai oleh pekerja kantoran. Misalnya, keterampilan komunikasi, presentasi, kepemimpinan, dan pemecahan masalah. Komunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk memperlancar pekerjaan. Adanya komunikasi dapat meningkatkan hubungan baik antar divisi. Selanjutnya, dibutuhkan kemampuan presentasi.

Hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan agar komunikasi menjadi jauh lebih efektif. Misalnya saat menghadiri rapat, rapat dengan klien dan lain sebagainya. Setelah mengikuti program pelatihan ini juga diharapkan setiap anggota memiliki kreativitas yang tinggi.

Emotional Intelligence

Kecerdasan emosional perlu dimiliki oleh setiap orang. Hal ini karena akan mempengaruhi keberhasilan seseorang. Jika semua pekerja memiliki kecerdasan ini, maka keberhasilan perusahaan akan meningkat. Pelatihan merupakan salah satu agenda wajib untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Program Pelatihan Karyawan sangat penting sekali untuk diselenggarakan karena akan mendukung sebuah keberhasilan perusahaan.

Leave a Comment