Cara Membuat Pelatihan Internal yang Sangat Efektif

Cara Membuat Pelatihan Internal yang Sangat Efektif – Pelatihan internal adalah salah satu metode yang sangat efektif sekali, yaitu untuk membangkitkan semangat, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan karyawan. Apakah pelatihan diberikan di tempat kerja, dari pelatih dan mentor informal atau formal, atau mungkin di restoran yang bagus, pelatihan internal berpotensi memberikan dampak positif pada pembelajaran dan pengembangan karyawan.

Pelatihan Internal
Pelatihan Internal

Pelatihan Internal memberikan manfaat tersendiri bagi pemangku kepentingan dan karyawan perusahaan, yang tidak didapatkan jika kami mengirimkan karyawan untuk mengikuti program pelatihan atau seminar eksternal. Transfer keterampilan terjadi lebih alami, dan karyawan yang membimbing atau melatih memperkuat keterampilan mereka dengan melatih karyawan lain.

Pelatihan internal meningkatkan keterampilan karyawan dan memastikan kesiapan mereka untuk tingkat promosi berikutnya, atau kelayakan untuk transfer pekerjaan internal. Untuk alasan ini, pelatihan internal umumnya jauh lebih unggul daripada seminar atau lokakarya publik.

Beberapa Cara Membuat Pelatihan Internal yang Sangat Efektif

Dukungan Manajemen Puncak

Sebuah program pelatihan yang sukses membutuhkan dukungan penuh dari kepemimpinan. Pemimpin harus berkomunikasi dengan karyawan sejak dini mengapa pelatihan itu penting dan bagaimana pelatihan itu akan membantu mereka. Pesan ini harus diulang dengan setidaknya lima menit pengenalan oleh pemimpin organisasi di setiap pelatihan.

Lanjutkan Diskusi dengan Pelajaran Berlanjut

Program pelatihan bukanlah toko serba ada. Peran fasilitator adalah untuk memulai sebuah diskusi dan memberikan beberapa pengetahuan dan alat untuk perubahan. Peran organisasi adalah untuk menjaga diskusi tetap berjalan. Tidak mungkin untuk memperbaiki semuanya dalam dua jam, jadi sebaiknya organisasi menindaklanjuti dengan diskusi internal yang berkelanjutan.

Cara lain untuk menjaga percakapan tetap berjalan adalah dengan menyediakan sumber daya tambahan, seperti artikel, video, podcast, atau latihan. Beberapa manajer bahkan mungkin memilih untuk memberi penghargaan kepada mereka yang menyelesaikan program pelatihan.

Membuat Karyawan Merasa Ingin dan Membutuhkan Pelatihan

Kitatidak pernah dapat menjamin bahwa karyawan akan benar-benar ingin mengikuti pelatihan, tetapi ada cara untuk meningkatkan kesempatan. Caranya adalah dengan berkomunikasi dengan karyawan untuk melihat jenis pelatihan apa yang diinginkan, atau apa yang mereka rasa akan menguntungkan tim mereka.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan sebuah survei untuk masukan karyawan. Survei tersebut bisa secara khusus tentang pelatihan, atau bisa juga tentang bagaimana anggota tim berpikir bahwa tim, atau organisasi mereka, dapat berkembang menjadi lebih baik.

Apa Saja Cara Membuat Pelatihan Internal yang Sangat Efektif?

Sajikan Makanan Hebat

Kedengarannya sangat sederhana, tetapi menyajikan makanan sebelum memulai pelatihan membuat perbedaan yang sangat besar karena bertindak sebagai mekanisme komunikasi. Duduk dan makan bersama akan menciptakan sebuah percakapan, yang dapat ditingkatkan ketika topik diskusi telah dibahas. Strategi makan-dalam hanya berfungsi jika laptop dan telepon disimpan dan pelatihan berada di zona bebas kerja.

Menginformasikan Mentor Tentang Bagaimana Program Pelatihan Terkait dengan Tujuan Organisasi

Beri tahu mentor Anda mengapa topik ini penting hari ini, dan bagaimana hal itu cocok di organisasi Anda. Para pemimpin yang ada di perusahaan sangat perlu untuk memikirkannya sebelum memutuskan untuk mengadakan program pelatihan tertentu.

Lakukan Tanya Jawab Pasca-Pelatihan

Selalu melakukan tanya jawab dengan pimpinan perusahaan/divisi setelah menyelesaikan pelatihan. Misalnya, jika kita seharusnya memiliki 30 peserta dan hanya 15 yang hadir, itu berarti pelatihan itu tidak terkomunikasikan dengan baik atau pimpinan tidak mengungkapkan betapa pentingnya hal itu. Menghabiskan uang dan waktu untuk pelatihan, tetapi tidak mengomunikasikan pentingnya menghadiri pelatihan, ini sama saja membuang-buang waktu.

Kumpulkan Umpan Balik dari Karyawan Sebelum dan Setelah

Gunakan survei atau metode lainnya agar bisa mengukur beberapa hal seperti keterlibatan karyawan atau sikap terhadap pekerjaan sebelum pelatihan. Apa yang diukur tergantung pada topik pelatihan. Waktu untuk mengumpulkan umpan balik adalah enam bulan setelah program.

Pertanyaan untuk ditanyakan adalah, “Apakah Anda bisa benar-benar menerapkan ini pada pekerjaan?” Apa yang telah kita capai dengan pelatihan juga bisa diukur dengan cara ini. Itulah ulasan cara membuat Pelatihan Internal yang sangat efektif. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment