Program Onboarding untuk Pelatihan Karyawan Baru

Program Onboarding untuk Pelatihan Karyawan Baru – Secara umum program onboarding adalah salah satu proses pengenalan dari pihak perusahaan kepada karyawan baru, atau proses penyesuaian karyawan baru dengan lingkungan dan pekerjaan dimana mereka bekerja. Untuk dapat memperkenalkan budaya dan budaya perusahaan, biasanya seorang HRD (Human Resources Development) akan segara mengadakan sebuah program pelatihan karyawan baru.

Pelatihan Karyawan Baru
Pelatihan Karyawan Baru

Apa itu Onboarding?

Onboarding Pelatihan Karyawan Baru adalah serangkaian proses yang bertujuan untuk memperkenalkan karyawan baru kepada perusahaan, organisasi/tim, dan perannya. Dikutip dari beberapa media ternama, secara umum program onboarding mencakup kegiatan yang memungkinkan karyawan baru untuk menyelesaikan proses orientasi mulai dari rekrutmen baru, belajar tentang struktur organisasi, budaya, visi, misi, dan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan.

Program orientasi dapat berlangsung selama satu atau dua hari aktivitas. Namun, di perusahaan lain proses ini mungkin memakan waktu satu bulan atau beberapa bulan. Bagian utama dari proses orientasi adalah untuk membantu memahami posisi dan pekerjaan yang akan Anda lakukan di masa depan. Umumnya kegiatan onboarding akan dikelola oleh tim Human Resource Development (HRD) dan diikuti oleh karyawan yang baru bergabung dengan perusahaan.

Beberapa Program Onboarding untuk Pelatihan Karyawan Baru

Pentingnya Program Onboarding dalam Pelatihan Karyawan

Program onboarding bukan hanya sekedar sebuah pengenalan lingkungan dan pekerjaan bagi karyawan baru, tetapi sebagai cara untuk mengingatkan karyawan baru akan hak dan kewajibannya sebagai karyawan. Untuk detail lebih lanjut tentang mengapa orientasi program sangat penting, berikut adalah beberapa alasan yang perlu Anda perhatikan pada sebelumnya:

  • Mengurangi risiko pergantian karyawan, akibat ketidaknyamanan yang ada di dalam perusahaan.
  • Buatlah kesan pertama yang baik baik didepan karyawan lain atau pimpinan Anda sendiri.
  • Memperkenalkan budaya kerja perusahaan kepada karyawan baru.
  • Membantu membangun komunikasi antara karyawan baru dengan karyawan lama.
  • Memberdayakan potensi karyawan baru.

Cara Membuat Program Orientasi Bekerja dengan Baik untuk Pelatihan Karyawan Baru

Setelah mengetahui pentingnya program pelatihan karyawan baru dengan mengadakan program onboarding, ada baiknya juga mempelajari hal di bawah ini untuk mensukseskan program pelatihan yang telah Anda buat untuk karyawan baru. Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebagai HRD adalah menjelaskan secara detail dan detail tentang perusahaan, budaya kerja, struktur organisasi di dalamnya, serta pembagian tugas dan tanggung jawab masing-masing divisi.

Apa Saja Program Onboarding untuk Pelatihan Karyawan Baru?

Jika sangat diperlukan, maka Anda juga dapat memperkenalkan orang-orang yang berada di posisi key person dari masing-masing divisi. Karena hal ini akan memudahkan karyawan baru untuk mengenal orang-orang yang bertanggung jawab di masing-masing divisi. Jangan lupa untuk memperkenalkan anggota tim yang berada di divisi yang sama dengan karyawan baru. Beberapa hal penting dalam program orientasi yang juga perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Percepat Adaptasi Karyawan Baru dengan Program Onboarding
  • Mengetahui Nilai Perusahaan Tempat Anda Bekerja
  • Memahami SOP dari Job Description Agar Pekerjaan Lancar
  • Siap bekerja dengan teman dan bos baru
  • Siap Memasuki Budaya Perusahaan Baru

Memberikan Panduan untuk Karyawan Baru atau Tim Tandem dengan Karyawan yang Ada

Seperti halnya wisatawan asing yang akan membutuhkan sebuah pemandu pada saat pertama kali mengunjungi suatu tempat, demikian pula karyawan baru, mereka pasti membutuhkan seseorang yang dapat membantu mereka mengenal pekerjaan dan budaya perusahaan dengan lebih cepat dan lebih baik juga tentunya. Anda juga dapat membantu para karyawan baru dengan mendatangkan mentor atau membentuk tim tandem dengan satu karyawan yang sudah ada.

Beri Waktu untuk Belajar

Buat dokumen atau materi yang dapat mendukung proses orientasi karyawan baru. Tujuannya agar pegawai baru memiliki pedoman kerja yang jelas, termasuk SOP yang harus dipatuhi. Setelah itu, berikan waktu kepada karyawan baru untuk belajar sesuai arahan yang telah Anda berikan.

Mengingat setiap orang pasti perlu dalam elajar terlebih dahulu untuk dapat menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang mungkin baru pertama kali mereka selesaikan. Itulah ulasan tentang Program Onboarding untuk Pelatihan Karyawan Baru. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Comment