Bimtek E-Document untuk menunjang kinerja Institusi Pemerintahan

Kami mengundang untuk semua aparatur pemerintahan daerah untuk mengikuti Bimtek E-Document untuk menunjang kinerja Institusi Pemerintahan, Info lengkap silahkan hubungi kami: 08121391177

Era digital sekarang ini, pemerintah memang melakukan banyak perubahan. Hal yang sudah terlihat jelas pada pemerintahan pusat, dimana hampir semua layanan pemerintahan bisa dilakukan secara mandiri dengan bantuan sistem. Jauh berbeda dengan pemerintahan daerah yang masih menggunakan sistem manual dengan tenaga manusia.

Bimtek E-Document untuk menunjang kinerja Institusi Pemerintahan

Sistem E-Document memang sudah banyak di cetuskan dan sudah terbukti memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat, asalkan mengerti dan paham bagaimana cara penggunanya. Sedangkan banyak banyak masyarakat tahu apa itu Electronic Document (E-Document), ini merupakan layanan konteks elektronik yang menggunakan teknologi elektronik modern agar bisa digunakan untuk membaca, melihat dan mendengarkan setiap dokumen tersebut.

Info selengkapnya mengenai Bimtek Arsip dengan tema “Diklat E-Dokumen untuk menunjang kinerja Institusi Pemerintahan” anda bisa menghubungi customer support lembaga Pusdiklat Pemendagri:

Jl. Cemara Ujung Blok 11 no.2, Lantai 2
Email: info@pusdiklatpemendagri.co.id


WA Pusdiklat Pemendagri
Telepon Pusdiklat Pemendagri

Sistem ini memang cocok sebagai pemberitahuan dan memberikan informasi pada penggunanya, ini mengajarkan pada masyarakat agar lebih budaya membaca dan mencari tahu terlebih dahulu, sehingga tidak lagi asal tanya pada petugas terdekat. Sistem ini juga mengajarkan setiap orang untuk berani, apalagi di layanan masyarakat yang berpotensi terjadinya korupsi karena berkaitan dengan uang.

Sistem E-Document akan mengatasi hal tersebut, dimana setiap file di komputer akan dibentuk dalam index, ini untuk memberikan kemudahan dalam pencarian, apalagi orang awam yang hanya mengetahui satu kata penting. Inilah yang nantinya akan digunakan kata kunci (keyword), dimana biasanya beberapa kata yang merujuk pada banyak hal.

Diklat Pendalaman Materi E-Document Untuk Menunjang Kinerja

Tujuan Penyelenggaraan Diklat

Sudah jelas untuk memudahkan penyusunan E-Document, mulai dari pembuatan indeks. Inilah hal yang sering kali diabaikan, sehingga masyarakat awam sulit mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan berakhir dengan bertanya pada petugas terkait.

Penyusunan indeks untuk dokumen meliputi, tipe, tanggal, nama pembuatan dan kata kunci yang banyak digunakan untuk pencarian dokumen tersebut. Bahkan ada kelebihan yang membuat E-Dokumen kini didorong oleh pemerintah, mengurangi penggunaan kertas. Selain menekan pengeluaran, akan lebih ramah lingkungan.

Ada beberapa materi yang akan dibahas dalam diklat, pertama harus memahami manajemen dalam kearsipan (ini bukan hanya bagian arsip saja), mengumpulkan dan mengelola seluruh arsip yang masih sebelumnya, kelola dengan membedakan mana arsip dinamis dan statis. Verifikasi dan autentifikasi setiap arsip yang digunakan, buatlah sistem E-Document setiap arsip dalam bentuk digital.

Sarana dan Prasarana Diklat

Banyak sekali hal yang akan dibahas dalam diklat tersebut, apalagi melihat susunan materi yang cukup padat. Maka diklat akan berlangsung selama 2 hari 2 malam berturut-turut, sehingga disiapkan hotel untuk menginap 2 hari 3 malam. Apalagi untuk peserta dari luar kota, semua fasilitas sudah termasuk dengan layanan sarapan, makan siang dan makan malam di hotel tersebut.

Selain itu, diberikan pula fasilitas untuk diklat. Satu set tas eksklusif dengan isi makalah, materi setiap acara, seminar kit dan suvenir menarik. Setelah diklat selesai, maka setiap peserta yang mengikuti diklat dari awal hingga akhir, seperti yang tercantum dalam buku tamu, akan mendapatkan sertifikat bukti keiikutsertaan.

Melihat pentingnya pelatihan ini, bukan hanya untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) bidang kearsipan saja, sebaiknya mengirimkan beberapa perwakilan. Sehingga bisa memberikan lebih banyak ilmu dan wawasan, sekaligus mengajarkan hal baru yang sesuai dengan ketentuan pemerintahan sekarang ini.

Jadwal Bimtek E-Document untuk menunjang kinerja Institusi Pemerintahan

Jadwal Bimtek Agustus 2019 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
08 – 09 Agustus 2019

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Whizz Prime Manado

  • Hotel The 101 Kota Malang

14 – 15 Agustus 2019
23 – 24 Agustus 2019
28 – 29 Agustus 2019

Jadwal Bimtek September 2019 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
06 - 07 September 2019

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Whizz Prime Manado

  • Hotel The 101 Kota Malang

13 - 14 September 2019
19 - 20 September 2019
25 - 26 September 2019

Jadwal Bimtek Oktober 2019 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
04 – 05 Oktober 2019

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Whizz Prime Manado

  • Hotel The 101 Kota Malang

10 – 11 Oktober 2019
14 – 15 Oktober 2019
18 – 19 Oktober 2019
22 – 23 Oktober 2019
28 – 29 Oktober 2019

Jadwal Bimtek November 2019 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
04 – 05 November 2019

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Whizz Prime Manado

  • Hotel The 101 Kota Malang

12 – 13 November 2019
20 – 21 November 2019
27 – 28 November 2019

Jadwal Bimtek Desember 2019 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
04 – 05 Desember 2019

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Whizz Prime Manado

  • Hotel The 101 Kota Malang

12 – 13 Desember 2019
16 – 17 Desember 2019
20 – 21 Desember 2019
27 – 28 Desember 2019
30 – 31 Desember 2019

Syarat dan Ketentuan Untuk Mengikuti Pelatihan



  1. Membayarkan biaya Bimtek Sebesar:

    • Rp. 4.500.000 (Fasilitas Penginapan)

    • Rp. 3.500.000 (Tanpa Fasilitas Penginapan)


  2. Membawa Surat Tugas/SPPD.

  3. Melakukan konfirmasi untuk pendaftaran peserta paling lambat 5 (lima) hari sebelum tanggal pelaksanaan diklat dimulai.

  4. Pendaftaran dapat dilakukan melalui telpon / sms / wa dengan menyebutkan pilihan materi dan juga jadwal diklat yang akan diikuti.


WA Pusdiklat Pemendagri
Telepon Pusdiklat Pemendagri

Atau bisa mengisi form pendaftaran yang tersedia di situs ini

Form Pendaftaran Bimtek


Untuk pendaftaran bimtek silahkan isi form dibawah ini, atau bisa juga dengan menghubungi kami secara langsung melalui Telepon / SMS / WA: 08121391177


Jika setelah melakukan pendaftaran lewat form diatas namun belum ada konfirmasi dari team kami, maka anda bisa menanyakannya langsung lewat nomor yang tertera diatas.

Fasilitas Peserta Bimtek



  1. Pelatihan selama 2 hari atau hingga materi selesai

  2. Twin Sharing untuk peserta menginap.

  3. Seminar Kit & Tas Ekslusif;

  4. Coffee Break, Lunch & Dinner.

  5. Sertifikat Pelatihan.

Bonus dan Promo



  1. City Tour (Peserta wajib konfirmasi).

  2. Antar dan Jemput di Bandara Untuk Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta wajib konfirmasi).


*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kami siap menyelenggarakan Bimtek E-Document untuk menunjang kinerja Institusi Pemerintahan, jadi silahkan hubungi kami sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan masukkan nomor telepon agar kami bisa menghubungi anda kembali