Bimtek KPP / Komunikasi Perubahan Perilaku

Komunikasi perubahan perilaku atau yang sering disebut dengan KPP merupakan komunikasi dengan menggunakan berbagai macam saluran atau media dalam memperbaiki perilaku terutama perilaku pada kesehatan masyarakat. Komunikasi perubahan perilaku ini adalah pengembangan dari KIE, akan tetapi lebih menekankan terhadap perubahan perilaku sehingga bukan hanya berhenti pada peningkatan pengetahuan serta sikap saja.

Penggunaan istilah KPP digunakan dalam menegaskan jika komunikasi tersebut wajib mengarahkan kepada perubahan maupun perbaikan dari perilaku. Berikut ini mengenai komunikasi perubahan perilaku yang bisa Anda ketahui.

Sekilas Mengenai Materi Bimtek KPP / Komunikasi Perubahan Perilaku

KPP merupakan komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan berbagai macam saluran pendekatan sistematis serta interaktif dalam menyampaikan pesan yang berdasarkan keadaan dari masyarakat atau dengan memanfaatkan penelitian dari konsumen termasuk pembuat kebijakan, keluarga, dan petugas. Kemudian arti dari perilaku adalah perbuatan atau tindakan serta perkataan seseorang yang sifatnya bisa diamati, bisa digambarkan serta dicatat oleh orang lain maupun orang yang melakukannya.

Bimtek KPP / Komunikasi Perubahan Perilaku

Faktor yang bisa mempengaruhi perilaku manusia yaitu faktor internal dna faktor eksternal. Adapun faktor internal antara lain karena keturunan, jenis kelamin yang bisa dilihat dari cara berpakaian, dari pekerjaan sehari-hari, serta pembagian tugas kerja yang berbeda antara laki-laki dan wanita. Kemudian karena sifat fisik, intelegensia, bakat, serta kontrol perilaku pribadi yaitu kepercayaan seseorang tentang sulit atau tidaknya dalam melakukan suatu perilaku.

Faktor eksternal meliputi pendidikan yaitu proses belajar mengajar, agama yang mana membuat seseorang bertingkah laku yang sesuai terhadap norma serta nilai yang diajarkan oleh agamanya, kebudayaan yaitu adat istiadat, lingkungan yang ada di sekitar seseorang baik lingkungan fisik, sosial, maupun lingkungan biologis.

Selanjutnya karena sosial ekonomi yang bisa menentukan pada tersedianya suatu fasilitas yang diperlukan dalam kegiatan tertentu.

Beda KIE dan KPP

KPP bisa diartikan dengan pengembangan media komunikasi yang berbasis terhadap perubahan perilaku. Sasaran dari KPP tidak hanya pada masyarakat atau kelompok premier, namun juga pada petugas maupun tokoh yang berpengaruh atau kelompok sekunder serta pembuat kebijakan atau kelompok tersier. Sedangkan KIE atau penyuluhan kesehatan biasanya menitikberatkan kegiatan pada peningkatan pengetahuan sehingga kurang memantau terhadap perubahan perilaku.

KPP adalah kegiatan yang menitikberatkan pada masalah perilaku serta menekankan bagaimana cara memperbaiki perilaku tersebut. Di dalam KPP terdapat titik temu antara segi pandang dari petugas dan masyarakat, jadi KPP harus bisa berjalan dengan dua arah yaitu dari arah petugas atau provider dan dari masyarakat atau konsumen.

Contoh Tahapan Pengembangan Media Berbasis Perilaku Di Bidang Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir, dan Anak

Yang pertama adalah melakukan telaah situasi dalam rangka menemukan masalah kesehatan yang berhubungan dengan KIBBLA. Kedua yaitu melakukan penelitian atau kajian informatif, dalam rangka menemukan perilaku sekarang yang berhubungan dengan KIBBLA serta faktor pendorong dan penghambat nya. Ketiga adalah menyusun strategi serta rencana KPP yang efektif untuk perbaikan KIBBLA termasuk pada rencana monitoring serta evaluasi nya. Yang terakhir adalah merancang media KPP.

Jadwal Pelatihan Kesehatan Rumah Sakit, Puskesmas dan Umum

Berikut adalah jadwal yang telah kami sediakan untuk Diklat KPP / Komunikasi Perubahan Perilaku bagi tenaga kesehatan ataupun medis.

Jadwal Bimtek November 2019 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
04 – 05 November 2019

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Whizz Prime Manado

  • Hotel The 101 Kota Malang

12 – 13 November 2019
20 – 21 November 2019
27 – 28 November 2019

Jadwal Bimtek Desember 2019 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
04 – 05 Desember 2019

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Whizz Prime Manado

  • Hotel The 101 Kota Malang

12 – 13 Desember 2019
16 – 17 Desember 2019
20 – 21 Desember 2019
27 – 28 Desember 2019
30 – 31 Desember 2019

Jika anda menginginkan materi umum yang masih mengenai kesehatan maka anda bisa melihat semuanya di halaman Bimtek Kesehatan.

Syarat dan Ketentuan Untuk Mengikuti Pelatihan



  1. Membayarkan biaya Bimtek Sebesar:

    • Rp. 4.500.000 (Fasilitas Penginapan)

    • Rp. 3.500.000 (Tanpa Fasilitas Penginapan)


  2. Membawa Surat Tugas/SPPD.

  3. Melakukan konfirmasi untuk pendaftaran peserta paling lambat 5 (lima) hari sebelum tanggal pelaksanaan diklat dimulai.

  4. Pendaftaran dapat dilakukan melalui telpon / sms / wa dengan menyebutkan pilihan materi dan juga jadwal diklat yang akan diikuti.


WA Pusdiklat Pemendagri
Telepon Pusdiklat Pemendagri

Atau bisa mengisi form pendaftaran yang tersedia di situs ini

Form Pendaftaran Bimtek


Untuk pendaftaran bimtek silahkan isi form dibawah ini, atau bisa juga dengan menghubungi kami secara langsung melalui Telepon / SMS / WA: 08121391177


Jika setelah melakukan pendaftaran lewat form diatas namun belum ada konfirmasi dari team kami, maka anda bisa menanyakannya langsung lewat nomor yang tertera diatas.

Fasilitas Peserta Bimtek



  1. Pelatihan selama 2 hari atau hingga materi selesai

  2. Twin Sharing untuk peserta menginap.

  3. Seminar Kit & Tas Ekslusif;

  4. Coffee Break, Lunch & Dinner.

  5. Sertifikat Pelatihan.

Bonus dan Promo



  1. City Tour (Peserta wajib konfirmasi).

  2. Antar dan Jemput di Bandara Untuk Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta wajib konfirmasi).


*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Demikian informasi dari Pusdiklat Pemendagri mengenai Pelatihan KPP / Komunikasi Perubahan Perilaku yang insya allah akan diselenggarakan secara bertahap di tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan masukkan nomor telepon agar kami bisa menghubungi anda kembali