Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Pusdiklat Pemendagri mengundang untuk setiap aparatur pemerintahan untuk mengikuti Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Perlu Anda ketahui jika administrasi kearsipan adalah suatu hal yang sangat penting sebab arsip adalah aset dari pemerintah serta butuh untuk diselamatkan, namun seringkali arsip biasanya dianggap hanya sebagai sampah. Jadi, dibutuhkan pengelolaan arsip dengan baik, terutama jika ada pemeriksaan dari BPK atau dari BPKP dan merupakan alat pertimbangan di dalam pengambilan sebuah keputusan oleh pemerintah.

Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Jika nanti ada hal yang masih kurang dimengerti atau ingin ditanyakan mengenai Info Bimtek Kearsipan, silahkan langsung hubungi kami:

Jl. Cemara Ujung Blok 11 no.2, Lantai 2
Telpon / SMS / WA: 08121391177
Email: info@pusdiklatpemendagri.co.id

Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat mengenai manajemen pengelolaan arsip daerah, tata naskah dinas dan sistem akuntabilitas kerja instansi pemerintah atau SAKIP.

Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Pengelolaan Arsip Daerah

Arsip merupakan rekaman atas kegiatan maupun peristiwa dalam berbagai bentuk serta media sesuai dengan perkembangan dari teknologi informasi serta komunikasi yang dibuat serta diterima oleh lembaga negara, oleh pemerintah daerah, perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan, organisasi politik, serta perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara. Hal ini sesuai dengan UU No. 43 Tahun 2009.

Segala kegiatan atau pekerjaan yang berhubungan dengan pengurusan arsip maka disebut dengan manajemen kearsipan, yaitu pekerjaan untuk pengurusan arsip meliputi pencatatan, penyimpanan, pengendalian serta pendistribusian, pengawasan, pemeliharaan, pemindahan serta pemusnahan. Fungsinya yaitu untuk menjaga keseimbangan arsip dari segi penciptaan, pencatatan, lalu lintas dokumen, penerusan, pemakaian, pendistribusian, pemeliharaan, penyimpanan, pemindahan serta pemusnahan arsip.

Jadi bisa dikatakan bahwa tujuan dari manajemen kearsipan adalah untuk lebih menyederhanakan macam serta volume dari arsip dan mendayagunakan dari penggunaan arsip sebagai peningkatan kinerja serta profesionalitas institusi maupun lembaga dengan biaya yang lebih efektif dan efisien.

Manajemen Tata Naskah Dinas

Dalam mengelola tata naskah dinas harus baik dengan mematuhi serta memahami dari Keputusan Menteri Agama No. 9 Tahun 2016. Yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana membuat tata naskah dinas dari persuratan yaitu ketika menulis surat, dalam Kop surat, bentuk huruf, bentuk surat, spasi tulisan, hingga paraf serta tanda tangannya. Seringkali dalam pembuatan SK copy bisa berakibat fatal, karena berpaku pada perundang-undangan yang sudah tidak berlaku lagi.

dalam reformasi birokrasi yang lancar harus mempunyai syarat profesional, integritas serta kompetensi SDM, serta dalam zona integritas harus berkomitmen, setia, loyal, tanggungjawab, mengabdi, ikhlas, dan berdedikasi.

Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah atau SAKIP

SAKIP sesuai dengan Peraturan Presiden No. 29 Tahun 2014 yaitu rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat serta prosedur yang telah dirancang dengan tujuan untuk penetapan serta pengukuran, pengklarifikasian, pengumpulan data, pengikhtisaran, serta laporan kinerja di instansi pemerintah, sebagai pertanggungjawaban serta peningkatan dari kinerja instansi pemerintah. Adanya SAKIP adalah untuk membuat hasil laporan kinerja yang berkualitas dan selaras serta sesuai dengan tahapan-tahapan.

Adapun tahapan dalam laporan adalah rencana strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kerja, pengelolaan kinerja, pelaporan kinerja, serta review dan evaluasi kinerja.

Itulah hal penjelasan singkat mengenai pelatihan manajemen penyusunan arsip daerah, tata naskah dinas dan SAKIP.

Untuk selanjutnya anda bisa menyesuaikan waktu dan lokasi diklat dengan jadwal yang telah kami tentukan dibawah ini.

Jadwal Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Jadwal Bimtek Agustus 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
03 – 04 Agustus 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

09 – 10 Agustus 2018
14 – 15 Agustus 2018
24 – 25 Agustus 2018
29 – 30 Agustus 2018

Jadwal Bimtek September 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
07 - 08 September 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

13 - 14 September 2018
19 - 20 September 2018
27 - 28 September 2018

Jadwal Bimtek Oktober 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
03 – 04 Oktober 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

12 – 13 Oktober 2018
17 – 18 Oktober 2018
26 – 27 Oktober 2018

Jadwal Bimtek November 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
02 – 03 November 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

08 – 09 November 2018
15 – 16 November 2018
22 – 23 November 2018
29 – 30 November 2018

Jadwal Bimtek Desember 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
05 – 06 Desember 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

14 – 15 Desember 2018
19 – 20 Desember 2018
27 – 28 Desember 2018

Syarat dan Ketentuan Untuk Mengikuti Pelatihan



  1. Membayarkan biaya Sebesar Rp. 4.500.000.

  2. Membawa Surat Tugas/SPPD.

  3. Melakukan konfirmasi untuk pendaftaran peserta paling lambat 5 (lima) hari sebelum tanggal pelaksanaan diklat dimulai.

  4. Pendaftaran dapat dilakukan melalui telpon / sms / wa dengan menyebutkan pilihan materi dan juga jadwal diklat yang akan diikuti.


WA Pusdiklat Pemendagri

Telepon Pusdiklat Pemendagri




Atau bisa mengisi form pendaftaran yang tersedia di situs ini


Form Pendaftaran Bimtek


Untuk pendaftaran bimtek silahkan isi form dibawah ini, atau bisa juga dengan menghubungi kami secara langsung melalui Telepon / SMS / WA: 08121391177


Jika setelah melakukan pendaftaran lewat form diatas namun belum ada konfirmasi dari team kami, maka anda bisa menanyakannya langsung lewat nomor yang tertera diatas.

Fasilitas Peserta Bimtek



  1. Pelatihan selama 2 hari atau hingga materi selesai

  2. Twin Sharing untuk peserta menginap.

  3. Seminar Kit & Tas Ekslusif;

  4. Coffee Break, Lunch & Dinner.

  5. Sertifikat Pelatihan.

  6. Bonus dan Promo




  1. City Tour (Peserta wajib konfirmasi).

  2. Antar dan Jemput di Bandara Untuk Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta wajib konfirmasi).


*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Selengkapnya mengenai Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP), silahkan hubungi team kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *