Bagi anda yang ingin mengikuti Bimtek Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD, silahkan hubungi: 08121391177
Dalam menyusun dan mengelola serta proses akuntansi keuangan DPRD dan sekretariat DPRD tentu harus dikonsepkan dengan sematang-matangnya agar tidak melenceng dari perencanaan yang dibuat. Saat mulai melakukan proses ini harus mengetahui beberapa tahap yang menjadi prosedur utama dalam pembukuan Akuntansinya.
Untuk anda yang ingin mengikuti Bimtek DPRD, bisa menghubungi kontak customer support kami:
Jl. Cemara Ujung Blok 11 no.2, Lantai 2 |
Yang harus diperhatikan sebagai pihak pertama dalam penyusunan ini berarti pengelolanya atau penggunanya. Saat pembangunan daerah bisa terealisasi dengan berhasil atau tidaknya, yang menjadi ujung tombaknya pasti kinerja pengguna atau pengelolanya. Seperti memahami beberapa aspek yang sangat diperlukan dalam melakukan suatu pekerjaan.
Aspek yang dimaksud tentu lingkungan kinerja, mamahami kinerja, perilaku mendorong kinerja, kodel kinerja, indikator yang harus dicapai kinerja, kinerja yang dalam pelaksanaannya berorganisasi, serta kinerja yang dilakukan dengan kelompok ataupun kinerja yang dilakukan diri sendiri. Semua itu harus dalam pengawasan pihak yang diberi wewenang yang bertanggungjawa.
Materi Bimtek Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD
Tahap perencanaan anggaran
Pada tahap perencanaan anggaran dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik, Sekretariat DPRD merupakan SKPD yang berperan dan membantu DPRD dalam menjalankan tanggungjawab dan fungsinya tersebut. Sehingga, sekretariat DPRD dalam menentukan perencanaan programpun harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan DPRD dalam perencanaan pembangunan daerah.
Selanjutnya jika anda ingin mengikuti Bimtek Perencanaan Keuangan DPRD bisa menghubungi nomor yang tersedia di situs ini.
Tahap Pelaksanaan Anggaran
Dalam Pelaksanaan Anggaran dalam rangka mewujudkan Kepemerintahan yang baik sepenuhnya menjadi tanggungjawab kepala SKPD yang berarti sekretaris DPRD untuk dapat mempertanggungjawabkan kepada Kepala Daerah.
Tahap Penatausahaan Anggaran
Di tahap Penatausahaan Anggaran dalam rangka mewujudkan Kepemerintahan yang baik tentang pedoman pengelolaan perencanaan pembangunan daerah ini ada beberapa pejabat yang harus diperhatikan dalam proses anggarannya. Seperti PPK, PPTK, bendahara yang mencakup pengeluaran dan pemasukan biaya serta pendukung lainnya sesuai dengan data yang didapat.
Karena ketiga pejabat tersebut memiliki hubungan yang berkaitan dan memiliki peran penting dalam pelaksanaan dibidangnya masing-masing. Dan semua kegiatan yang berhubungan tersebut dalam pelaksanaanya ataupun perencanaannya tetap harus atas pengetahuan Kepala SKPD.
Silahkan hubungi kami jika anda ingin mengikuti Bimtek Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD.
Tahap Pertanggungjawaban Anggaran
Setiap kegiatan yang dilakukan tentu harus dipertanggungjawabkan. Begitu juga dengan peyusunan dan pengelolaan serta akuntansi keuangan anggaran ini harus dipertanggungjawabkan dari seluruh pihak yang terkait. Tahap ini merupakan proses paling penting dari penggunaan anggaran, karena dari tahap ini dapat diketahui tingkat keberhasilan, serta tercapai tidaknya seluruh program yang direncanakan.
Bukti yang perlukan dalam pertanggungjawaban berupa dokumen yang berisi tentang catatan pelaksanaan anggaran. Dari transaksi anggaran yang pertama sampai terakhir dan disertai dengan rekapitulasi agar lebih memudahkan dalam penyajian laporannya. Tidak hanya itu, buku kas umum juga diperlukan untuk melihat secara detailnya.
Tahap Pengawasan Anggaran
Tahap pengawasan menjadi tahap yang terakhir. Dan dalam tahap ini pengawasan yang dimaksud mengenai pembangunan daerah berupa pemberian pedoman, bimbingan, supervise, konsultasi, pendidikan dan pelatihan.
Jadwal Diklat Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD
Jadwal Bimtek November 2019 Pusdiklat Pemendagri
Tanggal | Tempat Pelaksanaan |
---|---|
04 – 05 November 2019 |
|
12 – 13 November 2019 | |
20 – 21 November 2019 | |
27 – 28 November 2019 |
Jadwal Bimtek Desember 2019 Pusdiklat Pemendagri
Tanggal | Tempat Pelaksanaan |
---|---|
04 – 05 Desember 2019 |
|
12 – 13 Desember 2019 | |
16 – 17 Desember 2019 | |
20 – 21 Desember 2019 | |
27 – 28 Desember 2019 | |
30 – 31 Desember 2019 |
Syarat dan Ketentuan Untuk Mengikuti Pelatihan
![]() ![]() Atau bisa mengisi form pendaftaran yang tersedia di situs ini Form Pendaftaran Bimtek |
Selengkapnya mengenai Bimtek Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD yang akan diselenggarakan oleh Pusdiklat Pemendagri, bisa menghubungi CS kami.