Bimtek Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa

Menjadi Miniatur Negara Indonesia, Desa menjadi lingkungan politik yang paling dekat untuk relasi antara pemegang kekuasaan dengan masyarakat. Perangkat desa turut andil dalam birokrasi negara yang memiliki daftar tugas kenegaraan. Adapun tugas yang harus dipenuhi seperti menjalankan birokrasi pada level desa, memberikan pelayanan yang bersifat administratif kepada desa dan menjalankan program-program pembangunan.

bimtek pemerintahan daerah

Tugas penting bagi pemerintah Desa yaitu memberikan pelayanan surat-menyurat atau administratif kepada warga. Setiap perangkat Desa selalu berperan sebagai “Pamong Desa” yang bisa melindungi serta mengayomi warga masyarakat setiap pamong desa. Pastinya, setiap desa juga mempunyai aparat yang bertugas untuk membuat peraturan, menjaga dan melaksanakan desa agar kehidupan warganya menjadi tertib dan teratur. Olehkarena itu, sudah seharusnya kita mentaati segala peraturan desa agar tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai dan tertib.

Untuk meningkatkan kapasitas dari perangkat pemerintahan daerah, maka kami dari Pusdiklat Pemendagri akan mengadakan Bimbingan Teknis tentang “Peningkatan Kinerja serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa”. Adapun jadwal dan pendaftaran bisa menghubungi kami melalui:

Jl. Cemara Ujung Blok 11 no.2, Lantai 2
Email: info@pusdiklatpemendagri.co.id


WA Pusdiklat Pemendagri
Telepon Pusdiklat Pemendagri

Atau silahkan lihat penjelasan dibawah ini untuk info yang lebih lengkapnya mengenai Bimtek Pemerintahan Daerah.

Peningkatan Kinerja serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa

Tugas Camat

Camat adalah pimpinana kecamatan yang berperan sebagai perangkat daerah kota atau kabupaten. Camat diangkat oleh wali kota atau bupati berdasarkan usul dari sekertaris daerah kota atau kabupaten terhadap Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat. Adapun beberapa tugas camat dalam mengatur penyelenggaraan kegiatan pemerintahan pada tingkat kecamatan sebagai berikut:

  • Melaksanakan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah serta instansi secara vertikal dalam bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.
  • Melaksanakan koordinasi serta menyelaraskan perencanaan dengan satuan kerja perangkat daerah serta instansi secara vertikal dalam bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.
  • Melaksanakan evaluasi terhadap penyelenggaraan kegiatan pemerintahan pada tingkat kecamatan.
  • Memberikan laporan atas penyelenggaraan dari suatu kegiatan pemerintahan pada tingkat kecamatan kepada walikota atau bupati.

Tugas Lurah atau Kepala Desa

Lurah atau kepala desa mempunyai tugas pokok dalam menyelenggarakan kegiatan pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan serta menjalankan kegiatan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Gubernur atau Walikota. Dalam menjalankan tugas pokok tersebut lurah memiliki tugas

  • Pemberdayaan masyarakat
  • Pelayanan masyarakat
  • Menjalankan kegiatan pemerintahan terkait dengan kelurahan
  • Pemeliharaan prasarana serta fasilitas pelayanan umum

Tugas Sekretaris Desa

Pemerintah desa atau yang biasa disebut dengan Pemdes merupakan lembaga pemerintahan yang diberikan tugas untuk mengelola wilayah pada tingkat desa. Didalam pemerintah desa tersebut terdapat perangkat desa, dimana perangkat desa bertugas untuk membantu kepala desa dalam menjalankan wewenangnya. Perangkat desa terdiri dari 3 Sekretaris Desa, 3 Kepala Seksi, 3 Kepala Urusan dan kepala Dusun/Dukuh/Kewilayahan.

Berdasarkan Permendagri No. 84 Tahun 2015 pasal 7, tugas sekretaris desa atau carik yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Sekretaris desa bertugas untuk membantu Kepala Desa dalam menjalankan bidang administrasi pemerintahan. Untuk menjalankan tugas tersebut, maka sekretaris desa mempunyai fungsi penting berikut ini:

  • Menjalankan kegiatan ketatausahaan seperti administrasi surat menyurat, asrsip, espedisi dan tata naskah
  • Menjalankan kegiatan umum seperti penataan administrasi di perangkat desa, inventarisasi, penyiapan rapat, penyediaan prasarana perangkat desa, pelayanan umum dan perjalanan dinas.

Jadwal Diklat Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa

Berikut ini adalah jadwal penyelenggaraan bimtek peningkatan kinerja pemerintahan daerah:

Jadwal Bimtek November 2019 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
04 – 05 November 2019

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Whizz Prime Manado

  • Hotel The 101 Kota Malang

12 – 13 November 2019
20 – 21 November 2019
27 – 28 November 2019

Jadwal Bimtek Desember 2019 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
04 – 05 Desember 2019

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Whizz Prime Manado

  • Hotel The 101 Kota Malang

12 – 13 Desember 2019
16 – 17 Desember 2019
20 – 21 Desember 2019
27 – 28 Desember 2019
30 – 31 Desember 2019

Jika anda memiliki permintaan jadwal dan lokasi yang berbeda untuk pelatihan untuk meningkatkan kinerja pemda, bisa menghubungi team kami melalui kontak yang tersedia.

Syarat dan Ketentuan Untuk Mengikuti Pelatihan



  1. Membayarkan biaya Bimtek Sebesar:

    • Rp. 4.500.000 (Fasilitas Penginapan)

    • Rp. 3.500.000 (Tanpa Fasilitas Penginapan)


  2. Membawa Surat Tugas/SPPD.

  3. Melakukan konfirmasi untuk pendaftaran peserta paling lambat 5 (lima) hari sebelum tanggal pelaksanaan diklat dimulai.

  4. Pendaftaran dapat dilakukan melalui telpon / sms / wa dengan menyebutkan pilihan materi dan juga jadwal diklat yang akan diikuti.


WA Pusdiklat Pemendagri
Telepon Pusdiklat Pemendagri

Atau bisa mengisi form pendaftaran yang tersedia di situs ini

Form Pendaftaran Bimtek


Untuk pendaftaran bimtek silahkan isi form dibawah ini, atau bisa juga dengan menghubungi kami secara langsung melalui Telepon / SMS / WA: 08121391177


Jika setelah melakukan pendaftaran lewat form diatas namun belum ada konfirmasi dari team kami, maka anda bisa menanyakannya langsung lewat nomor yang tertera diatas.

Fasilitas Peserta Bimtek



  1. Pelatihan selama 2 hari atau hingga materi selesai

  2. Twin Sharing untuk peserta menginap.

  3. Seminar Kit & Tas Ekslusif;

  4. Coffee Break, Lunch & Dinner.

  5. Sertifikat Pelatihan.

Bonus dan Promo



  1. City Tour (Peserta wajib konfirmasi).

  2. Antar dan Jemput di Bandara Untuk Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta wajib konfirmasi).


*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai Bimtek Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa. Jika masih ada hal yang kurang jelas dari postingan tersebut, anda bisa menanyakannya melalui kontak yang ada diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan masukkan nomor telepon agar kami bisa menghubungi anda kembali