Bimtek Tata Cara Penyusunan Profil Kependudukan Dan Pencatatan Sipil

Info Bimtek Mekanisme dan tata cara penyusunan profil kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan 13 kejadian peristiwa penting yang mengacu pada UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, silahkan hubungi kami:  08121391177 (Call/WA)

Administrasi kependudukan sebelumnya telah diatur pada UU nomor 23 tahun 2006 namun pada tanggal 26 November 2013, pemerintah melakukan perubahan UU tentang administrasi kependudukan menjadi UU no 24 tahun 2013. Tujuan perubahan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat dan menjamin akurasi data penduduk serta ketunggalan NIK dan dokumen kependudukan.

Untuk memberikan anda pemahaman mengenai hal tersebut, maka kami dari Pusdiklat Pemendagri akan mengadakan Bimtek Kependudukan dan Capil dengan menitik beratkan pada UU No.24 tahun 2013. Info selengkapnya bisa menghubungi kami:

Jl. Cemara Ujung Blok 11 no.2, Lantai 2
Telpon / SMS / WA: 08121391177
Email: info@pusdiklatpemendagri.co.id

Jika anda ingin melihat semua materi dan jadwal bimtek di Pusdiklat Pemendagri bisa masuk di halaman utama situs kami “Info Bimtek Nasional”, atau jika masih ada yang kurang jelas, silahkan hubungi nomor diatas

Info Bimtek Mekanisme dan tata cara penyusunan profil kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan 13 kejadian peristiwa penting yang mengacu pada UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan

Bimtek Penyusunan profil kependudukan ini dibutuhkan untuk menyajikan gambaran info mengenai kondisi dan juga pertumbuhan penduduk bagi setiap masyarakat dan pihak yang memang memiliki kepentingan. Dan tujuan khusus pelatihan kependudukan ini yaitu untuk menjelaskan mengenai kuantitas dari penduduk, komposisi, jumlahnya, distribusi, termasuk juga kesejahteraan masyarakat disegala bidang, baik itu dalam hal pendidikan ataupun pekerjaan.

Bimtek Mekanisme dan tata cara penyusunan profil kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan 13 kejadian peristiwa penting yang mengacu pada UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan

Adapun jadwal yang telah kami susun bisa dilihat dari tabel dibawah ini:

Jadwal Bimtek Kependudukan dan Capil

Berikut ini adalah jadwal lengkap dari Bimtek Mekanisme dan tata cara penyusunan profil kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan 13 kejadian peristiwa penting yang mengacu pada UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Jadwal Bimtek Mei 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
03 – 04 Mei 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Santosa Lombok

11 – 12 Mei 2018
16 – 17 Mei 2018
23 – 24 Mei 2018

Jadwal Bimtek Juni 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
07 – 08 Juni 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Santosa Lombok

29 – 30 Juni 2018

Jadwal Bimtek Juli 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
06 – 07 Juli 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Santosa Lombok

11 – 12 Juli 2018
20 – 21 Juli 2018
26 – 27 Juli 2018

Jadwal Bimtek Agustus 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
03 – 04 Agustus 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Santosa Lombok

09 – 10 Agustus 2018
14 – 15 Agustus 2018
24 – 25 Agustus 2018
29 – 30 Agustus 2018

Jadwal Bimtek Oktober 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
03 – 04 Oktober 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Santosa Lombok

12 – 13 Oktober 2018
17 – 18 Oktober 2018
26 – 27 Oktober 2018

Jadwal Bimtek September 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
03 – 04 Agustus 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Santosa Lombok

09 – 10 Agustus 2018
14 – 15 Agustus 2018
24 – 25 Agustus 2018
29 – 30 Agustus 2018

Jadwal Bimtek November 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
02 – 03 November 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Santosa Lombok

08 – 09 November 2018
15 – 16 November 2018
22 – 23 November 2018
29 – 30 November 2018

Jadwal Bimtek Desember 2018 Pusdiklat Pemendagri

TanggalTempat Pelaksanaan
05 – 06 Desember 2018

  • Hotel Ibis Style Jakarta

  • Hotel Pesonna Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Cemerlang Bandung

  • Hotel Losari Beach Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Santosa Lombok

14 – 15 Desember 2018
19 – 20 Desember 2018
27 – 28 Desember 2018

Untuk permintaan jadwal lain, baik itu untuk materi kependudukan dan capil ataupun untuk materi di bidang lain maka anda bisa mendiskusikannya dengan team kami.

Syarat dan Ketentuan Untuk Mengikuti Pelatihan



  1. Membayarkan biaya Sebesar Rp. 3.500.000,- / Peserta (Tidak Menginap)

  2. Membayarkan biaya Sebesar Rp. 4.500.000,- / Peserta (Menginap)

  3. Membawa Surat Tugas/SPPD.

  4. Melakukan konfirmasi untuk pendaftaran peserta paling lambat 5 (lima) hari sebelum tanggal pelaksanaan diklat dimulai.

  5. Pendaftaran dapat dilakukan melalui telpon / sms / wa dengan menyebutkan pilihan materi dan juga jadwal diklat yang akan diikuti.




 
Atau bisa mengisi form pendaftaran yang tersedia di situs ini




Fasilitas Peserta Bimtek



  1. Pelatihan selama 2 hari, hingga materi selesai

  2. BONUS 1 JUTA RUPIAH (Khusus untuk 5 orang Pendaftar Pertama).

  3. Menginap 3 malam dan bisa sharing dengan narasumber (Bagi Peserta Menginap).

  4. Seminar Kit & Tas Ekslusif;

  5. Coffee Break, Lunch & Dinner.

  6. Souvenir & Sertifikat Pelatihan.

  7. Antar dan Jemput di Bandara (Untuk Peserta Group Minimal 5 Orang).

  8. Akan ada bonus tambahan jika anda bisa mengajak orang sebanyak-banyaknya.

Sekilas Materi Bimtek Mekanisme dan tata cara penyusunan profil kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan 13 kejadian peristiwa penting yang mengacu pada UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan

 

Perubahan yang dilakukan pada UU no 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan mengenai peraturan dalam pencatatan data penduduk, yaitu :

1. Masa berlaku KTP Elektronik

Jika sebelumnya KTP-el hanya berlaku selama 5 (lima) tahun saja namun pada UU yang baru diberlakukan masa berlaku seumur hidup. Kebijakan ini sangat memudahkan masyrakat dalam hal pengurusannya, sehingga masyarakat tidak perlu melakukan pembaruan KTP kecuali ada hal-hal yang mengharuskan untuk mengganti data diri

2. Penggunaan data Kependudukan Kementerian Dalam Negeri

Data yang digunakan sumber untuk identitas KTP-elektronik merupakan data yang diperoleh dari data kependudukan dari kabupaten/kota. Data ini bisa digunakan untuk segala hal keperluan seperti untuk pencegahan kriminal, pelayanan publik hingga untuk penegakan hukum dan perencanaan pembangunan

3. Pencetakan Dokumen KTP-elektronik

Dalam UU no 24 tahun 2013, mengatur tempat pencetakan KTP-elektronik yang semula berpusat di Ibukota Jakarta namun untuk sekarang sudah berpindah di setiap Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setiap Kabupaten/Kota.

4. Penerbitan Akta kelahiran yang melebihi batas

Untuk penerbitan akta yang masa penerbitannya melebihi batas sekarang sudah bisa dilakukan cukup dengan Keputusan kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil, sehingga tidak perlu lagi penetapan pengadilan negeri seperti UU yang terdahulu.

5. Penerbitan Akta Pencatatan Sipil

Jika sebelumnya untuk penerbitan akta harus ditempat terjadinya peristiwa  namun sekarang sudah bisa dilakukan di domisili penduduk, sehingga sangat memudahkan masyarakat dalam hal pengurusannya.

6. Pengakuan dan Pengesahan Anak

Hal ini hanya dibatasi untuk anak yang dilahirkan dari perkawinan yang sah menurut hukum Agama tetapi belum menurut hukum negara. Pengabsahan anak selama ini hanya mengubah catatan pinggir menjadi akta pengesahan anak

7. Gratis pengurusan Kependudukan

Pemberlakuan peraturan “Gratis” yang dulunya hanya berlaku untuk pengurusan KTP-elektronik namun sekarang sudah berlaku untuk mengurus segala bentuk dokumen.

8. Pencatatan Kematian

Pelaporan pencacatan semula merupakan kewajiban penduduk, namun sekarang diubah menjadi kewajiban RT. Pelaporan kematian dilakukan secara bertahap hingga ke kecamatan sehingga cakupan pencatatan kematian dapat meningkat secara signifikan.

9. Petugas Registrasi

Seorang petugas registrasi bertugas membantu kepala desa dan instansi dalam pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, petugas registrasi diutamakan PNS (pegawai negeri sipil) yang diangkat dan diberhentikan langsung oleh Bupati/Walikota.

10. Pemberlakuan Sanksi

Sanksi tidak hanya diberlakukan untuk perorangan yang melakukan pelanggaran seperti memanipulasi data kependudukan, namun juga untuk pejabat dan petugas yang melakukan pungutan biaya kepada penduduk serta kepada badan hukum yang melakukan pencetakan dokumen tanpa izin resmi.


Untuk pertanyaan seputar Bimtek Mekanisme dan tata cara penyusunan profil kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan 13 kejadian peristiwa penting yang mengacu pada UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan bisa menghubungi kami secara langsung melalui nomor diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *